PERANAN
KOPERASI
Peranan Koperasi di
berbagai keadaan persaingan , Koperasi dalam berbagai bentuk pasar
Berdasarkan sifat dan
bentuknya, pasar
diklasifikasikan menjadi 2
macam :
1. Pasar dengan persaingan
sempurna (perfect competitive market).
2. Pasar dengan persaingan
tak sempurna (imperfect competitive market) , yaitu :Monopoli, Persaingan
Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli
1. Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive
market)
Ciri-ciri pasar persaingan
sempurna :
1.
Adanya
penjual dan pembeli yang sangat banyak
2.
Produk
yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
3.
Perusahaan
bebas untuk mesuk dan keluar
4.
Para
pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
2. Koperasi dalam Pasar Monopolistik
Ciri-cirinya pasar monopolistik :
- Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
- Produk yang dihasilkan tidak homogen
- Ada produk substitusinya
- Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
- Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
3. Koperasi Pasar
Monopsoni
ada penjual banyak
tetapi hanya ada satu pembeli.
Oligopoli
adalah struktur pasar dimana hanya ada
beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar. Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar. Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
Untuk
menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation
dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu
dan bentuk produk.
Koperasi dengan
Kemampuan Sama di Pasar Oligopoli
•
Penawaran
Harga yang bersifat Predator
•
Price
Leadership :
- Price Leadership oleh Perusahaan
dengan Biaya Terendah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar